Sunday, July 15, 2012

TIPS MERAWAT MUR dan BAUT

TIPS MERAWAT MUR dan BAUT

Tahukan anda penunjang kinerja mesin dipengaruhi oleh mur dan baut?
Untuk itu jangan pernah menganggap sepele, perawatan mur dan baut, simak tips berikut ini :
  • Untuk menghindari karat permanen, bersihkan mur dan baut secara berkala dengan cara merendam mur dan baut pada minyak tanah atau bensin, agar kotoran atau karat pada ulir baut dan mur hilang. Setelah kering gunakan pelumas oli untuk mencegah timbulnya karat.
  • Bila mur dan baut sulit dibuka karena karat, bersihkan mur dan baut dari kotoran atau korosi yang menggumpal dengan minyak tanah atau cairan penghilang karat, sambil memukul perlahan-lahan kepala serta as baut dengan kunci atau obeng. Cara demikian membuat cairan meresap ke sela ulir sehingga karat yang menempel rontok, sehingga mur dan baut mudah dibuka.
  • Pergunakan kunci ring atau kunci pas dan obeng yang sesuai, guna menghindari gundul pada kepala baut dan mur, seperti penggunaan obeng berujung negatif saat membuka baut berkepala positif. 
  • Gunakan kunci momen agar mendapat tingkat pengencangan mur yang sesuai dengan momen yang diterima mur dan baut. Hindari pengencangan yang terlalu keras untuk menghindari mur dan baut aus pada ulirnya.

No comments: